Détails de l'actualité

MEMBANGUN PERTANIAN MODERN DI WAY KANAN LAMPUNG

umum

Editor Utama

MEMBANGUN PERTANIAN MODERN DI WAY KANAN LAMPUNG

Kerjasama Kementerian Pertanian Republik Korea dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Jakarta, PSP – Melalui kerjasama Ministry of Agriculture, Food and Rural Affair (MAFRA) Republik Korea dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, akan melaksanakan pengembangan pertanian modern di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Memorandum of Understanding (MOU) antara dua kementerian tersebut telah ditandatangani tanggal 23 November 2011. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan The 3rd ODA Roundtable Conference for Agricultural Cooperation in Asia pada tanggal 30 Oktober – 1 November 2019.

Dalam kerjasama tersebut, pada tahun 2020 pemerintah Korea akan memberikan hibah berupa mesin pertanian untuk joint research mekanisasi pertanian dalam pengembangan pertanian modern di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Kegiatan ini merupakan tahap awal dari rencana bantuan Pemerintah Republik Korea.

Dalam rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020, akan dihasilkan innovative development model for modern agriculture.

Sasaran jangka panjang dari kerjasama ini adalah mendirikan Centre of Excellence untuk tukar pengalaman dan kekahlian terkait pengembangan sistem alsintan modern. Sedangkan sasaran jangka pendek adalah untuk membuat pilot project yang akan menghasilkan model sebagai referensi scaling up dan reflikasi di daerah lain di Indonesia. Selain itu, terintegrasi dalam upaya mewujudkan pertanian modern mulai aspek hulu sampai hilir.

Kerjasama ini merupakan hasil inisiasi dengan dilaksanakannya penandatanganan Record of Discussion (RoD) Perjanjian Hibah antara Director of Center for International Agricultural Partnership Korea Rural Economic Institute (KREI) dengan Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, tanggal 30 April 2020. Kemudian ditindaklanjuti dengan Joint Agrement antar President of KREI dengan Direktur Alat dan Mesin Pertanian pada tanggal 2 Juni 2020. **/Humas PSP.

SHARE :

© Copyright 2023, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian - Kementerian Pertanian RI