Detail Berita

Ketua MPR Puji Gebrakan Mentan Amran, Beri Solusi Terhadap Berbagai Persolan

umum

Admin Utama

Ketua MPR Puji Gebrakan Mentan Amran, Beri Solusi Terhadap Berbagai Persolan

JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI), Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi gebrakan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam 5 bulan terkahir. Bamsoet menilai, langkah dan kebijakan Mentan sukses mengurai berbagai persoalan pangan yang menghambat produksi selama ini.

"Saya mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Pak Mentan dalam mengatasi berbagai persoalan yang menyangkut ketahanan pangan seperti mengantisipasi potensi bencana yang akan terjadi di beberapa waktu ke depan, termasuk ancaman El Nino, yang kalau kita tidak waspadai dan kita tidak mempersiapkan diri, maka kita akan dihadapkan pada defisit pangan," ujar Bamsoet dalam pertemuannya bersama Mentan Amran di Kantor Pusat Kementan Jakarta, Senin, 1 April 2024.

Yang kedua, kata Bamsoet, keberanian Mentan Amran dalam mengurai impor juga patut menjadi catatan sejarah bagi kemajuan pertanian Indonesia. Dia yakin, ke depan Indonesia mampu mewujudkan swasembada sesuai dengan cita-cita bersama.

"Apresiasi juga kepada Pak Amran yang dengan semangat untuk mengurangi impor hasil-hasil pertanian seperti beras, gula, jagung, dan seterusnya. Saya percaya kalau seluruh potensi bangsa ini didorong untuk memenuhi kebutuhan itu, pasti impor kita dapat dikurangi dan kita kembali bergantung pada hasil dalam negeri," katanya.

Disisi lain, menurut Bamsoet, Mentan Amran datang diwaktu yang tepat mengingat petani selama ini terus meraung-raung meminta tambahan pupuk sebagai unsur penting dalam meningkatkan produktivitas.

"Tadi saya sudah dapat penjelasan dari Pak Menteri bahwa pemerintah kali ini telah memenuhi kebutuhan pupuk petani. Menurut saya ini adalah satu kebijakan yang tepat karena pupuknya tersedia dan tidak tanggung-tanggung sampai 100 persen," katanya.

Meski demikian, Bamsoet meminta agar kerja keras Mentan mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Bulog maupun lembaga lain yang bisa memaksimalkan penyerapan. Sebab bagi Bamsoet, pertanian adalah sektor yang sangat penting dalam memperkokoh perekonomian nasional.

"Tata kelola perdagangan seperti bulog juga harus didorong agar hasil produksi ini bisa dibeli dengan harga yang layak," jelasnya.

SHARE :

© Copyright 2023, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian - Kementerian Pertanian RI