26 September 2017,2:11 pm | Dilihat .

Kreativitas dan Inovasi dalam Responsif Gender

MALANG – Laki-laki dan perempuan punya peran yang setara secara proporsional dalam melaksanakan kegiatan pembangunan pertanian. Keberhasilan pembangunan pertanian tidak hanya peran dari bapak-bapak tani, tapi juga peran dari ibu-ibunya, demikian papar Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian – Pending Dadih Permana dalam acara Sosialisasi Optimalisasi Lahan Responsif Gender di Malang, Jawa Timur. (5/9/2017).

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa pengarusutamaan gender tidak hanya dilihat dari perspektif keikutsertaan, tapi juga dilihat dari kreativitas dan inovasi. Dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan ada motivasi perubahan yang lebih baik pada kegiatan yang akan dilaksanakan. Menurutnya, kesejahteraan yang hakiki ada di dunia lain, untuk itu kita harus berbuat terus, termasuk dalam melaksanakan kegiatan gender ini.

“Kembangkan inovasi, munculkan kreativitas baik secara horizontal dengan memperbanyak jenis kegiatan maupun secara vertikal melalui pengembangan teknologi”, papar Pending.

Pending mencontohkan dengan kegiatan lumbung pangan yang saat ini mulai sulit ditemukan di perdesaan. Padahal menurutnya, lumbung pangan punya perspektif gender yang sangat kuat. Peran laki-laki dan perempuan dalam kegiatan lumbung pangan ini sangat kuat. Menurutnya, dalam kegiatan lumbung pangan ada empat fungsi yang terkandung, yaitu fungsi pendidikan, fungsi kesehatan, fungsi ekonomi dan fungsi identifikasi kerawanan pangan.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian – Abdul Madjid mengatakan bahwa Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian telah melaksanakan kegiatan Pilot Project Optimalisasi Lahan Responsif Gender melalui pengembangan ternak itik dan kelinci. Pada tahun 2017, selain dua ternak tersebut juga dikembangkan ternak kambing.  Sebagai lokasi pilot project  tahun 2017 berada di 5 (lima) provinsi yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Statistik Pengunjung
103838
Hits Hari Ini 1
Total Hits103838