19 Juni 2017,3:06 pm | Dilihat .

Sampaikan Program Unggulan kepada Publik, Ditjen PSP Menyelenggarakan Konferensi Pers

Jakarta, (19/06) Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Ir. Pending Dadih Permana, M.Ec. Dev  menggelar konferensi pers di hadapan wartawan media cetak dan online pada hari Senin (19/06) tentang capaian program dan kinerja Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian.

Didampingi oleh Pejabat Eselon II lingkup Ditjen PSP, Dirjen PSP memaparkan program-program unggulan yaitu Kartu Tani, Cetak Sawah, Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS), Bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) serta Pembangunan Embung. 

Dalam penjelasannya Dirjen PSP menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian mempunyai tugas membangun embung skala kecil sebanyak 5.500 unit dengan alokasi dana mencapai Rp. 800 Miliar. Sedangkan embung skala besar dan sedang menjadi tugas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Pembangunan Embung diharapkan mampu memberi kontribusi peningkatan produksi padi minimal 65 ton per musim tanam, dari awal produksi satu kali musim tanam yang sebesar 130 ton menjadi 195 ton.

Begitu pun untuk program bantuan Alsintan, “ Bantuan alsintan sangat luar biasa, diarahkan menjadi fasilitas yang memungkinkan para petani dapat menekan biaya produksi, menjadi lebih murah yaitu sekitar 600-800 ribu per hektare” jelas Dirjen PSP.

“Alsintan bukan semata-mata menekan biaya produksi atau menambah panen, tapi menambah barang modal yang dimiliki pemerintah” Dirjen Pending melanjutkan.

Program lain Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian adalah Cetak Sawah. Dirjen PSP menjelaskan bahwa program cetak sawah dilakukan salah satunya adalah dalam rangka mengimbangi alih fungsi lahan yang besar, selain juga untuk peningkatan produksi. (ar)

Statistik Pengunjung
99879
Hits Hari Ini 61
Total Hits99879