Kamis, 10 April 201,10:19 am | Dilihat .

Buku Cetak Sawah Indonesia

Buku yang berjudul "Cetak Sawah Indonesia" ini menyajikan berbagai hal tentang perkembangan kegiatan perluasan sawah di sejumlahdaerah dalam kurun waktu tertentu (hingga buku ini diterbitkan), seputar tahapan pelaksanaan kegiatancetak sawah, aspek sosial ekonomi masyarakat, serta berbagai hal penting lainnya dalam pengembanganke depan.

Buku ini juga bisa menjadi referensi berbagai pihak yang diambil dari pengalaman di beberapa daerah. Semua tersaji secara lugas dan dilengkapi foto-foto agar kondisi lapangan terlihat jelas apa adanya. Sehingga dapat memberikan gambaran terkait kegiatan perluasan sawah yang telah dilakukan selama ini, dan memahami betapa pentingnya upaya pemerintah dalam menopang ketahanan pangan nasional.

Seperti kita ketahui, dalam beberapa tahun terakhir kebutuhan pangan terus meningkat, sedangkan alih fungsi lahan sawah setiap tahun terjadi secara massif pada areal persawahan yang cukup luas. Oleh karena itu, upaya penambahan baku lahan tanaman pangan melalui perluasan sawah menjadi sangat penting dalam upaya mempercepat pencapaian surplus beras nasional 10 juta ton tahun 2014.

Kegiatan perluasan sawah secara teknis harus dilaksanakan secara berurutan, mulai dari identifikasi dan penetapan lokasi, survei/investigasi, desain, konstruksi, sampai dengan pemanfaatan sawah baru.

Mengingat perluasan sawah merupakan investasi publik, maka dalam pelaksanaannya diperlukan kerjasama berbagai pihak baik tingkat pusat maupun daerah. Bahkan sejak beberapa waktu terakhir ini tentara pun dilibatkan, yakni melalui kegiatan “Tentara Mendukung Ketahanan Pangan (TMKP)". Keterlibatan jajaran TNI diharapkan mampu memberikan akselerasi demi tercapainya target perluasan sawah dalam waktu yang cepat, tepat dan berkualitas.

 

 

UNDUH BUKU CETAK SAWAH INDONESIA :

Statistik Pengunjung
91914
Hits Hari Ini 63
Total Hits91914