Senin, 2 September ,8:38 pm | Dilihat .

Bantuan Traktor Roda 2 Mendukung Brigade Tanam

Dalam rangka percepatan tanam padi MT. 2012 – 2013 di Kab. Bandung dan untuk mendukung pengembangan dan operasional Brigade Tanam, pada tanggal 23 Oktober 2012 telah diserahkan bantuan Traktor Roda 2 sejumlah 50 unit oleh Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian DR. Ir. Sumardjo Gatot Irianto, MS.DAA, di desa Ciparay, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Pada acara penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kab. Bandung H.Dadang M Naser SH, S.Ip, Direktur Alat dan Mesin Pertanian Ditjen PSP Ir. Bambang Santosa M.Sc, Plt. Kadistan Provinsi Jawa Bara Ir. Diden Trisnadi, MP, Kadistan Kab. Bandung Ir Tisna Umaran, jajaran muspida Kabupaten Bandung, gapoktan penerima bantuan dan tokoh masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya.

Dalam sambutannya Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian menyampaikan harapannya agar bantuan alsin yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna percepatan tanam dan mendukung pencapaian program Kementerian Pertanian untuk mewujudkan surplus beras 10 juta ton tahun 2014. "Traktor ini merupakan upaya pemerintah memfasilitasi peningkatan produksi pangan, termasuk di Kabupaten Bandung," kata Dirjen PSP. Traktor bermerek "Quick" tersebut diserahkan oleh Dirjen PSP Sumardjo Gatot Irianto dan Bupati Bandung H Dadang Naser di pesawahan Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

Alat pendukung pertanian itu diterima langsung oleh 10 kelompok tani dari Kecamatan Kutawaringin, Sorengan, Katapang, Ciparay, Bojongsoang. Solokanjeruk, Rancaekek dan Cicalengka dan sejumlah kecamatan lainnya. Rencananya traktor itu akan dimanfaatkan secara bergulir oleh para petani di daerah itu. "Saya meminta bantuan ini dimanfaatkan dan digulirkan untuk meningkatkan efektivitas produksi," kata Dirjen PSP.

Selanjutnya Dirjen juga meminta agar Dinas Pertanian Kabupaten dan Propinsi mengalokasikan dana APBD guna operasional untuk memobilisasi Traktor Roda 2 di tingkat lapang. Bapak Dirjen juga berharap Brigade Tanam ini dapat bersinergi dengan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) dalam pemanfaatan Traktor Roda 2 di Kabupaten Bandung khususnya dan seluruh sentra produksi padi di Provinsi Jawa Barat.

Statistik Pengunjung
13016
Hits Hari Ini 168
Total Hits13016