29 Oktober,2:39 pm | Dilihat .

Mentan Apresiasi Petani Pelopor

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengapresiasi penggerak, pelopor, pemrakarsa di bidang pembangunan pertanian pada peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 36 di Boyolali Jawa Tengah. Salah satu penerima penghargaan adalah Ketua Hippa Tirto Tinoto dari Kab. Tuban Jawa Timur dan Manager UPJA Setia Dadi dari Kab. Cilacap Jawa Tengah.

Boyolali (28/10), Sebanyak 70 penggerak, pelopor, pemrakarsa pembangunan pertanian  menerima penghargaan dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada pembukaan peringatan Hari Pangan Sedunia (28/10) di Kab. Boyolali Jawa Tengah.  Sebelumnya,Menteri Pertanian  membuka Peringatan Hari Pangan Sedunia dengan didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Perwakilan FAO untuk Indonesia Mark Muller. Selain Piagam penghargaan, Mentan juga memberikan hadiah berupa Traktor Roda 2 dan Rice Transpanter bagi petani terbaik.  

Edy Kuswanto, manager Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) salah seorang petani terbaik penerima Rice Transplanter merupakan pendiri UPJA Setia Dadi dari  Kab. Cilacap Jawa Tengah. UPJA ini merupakan salahsatu UPJA profesional terbaik serta sudah memenuhi standar nasional. UPJA ini mampu melayani layanan jasa alsintan hingga antar pulau. Bahkan menjadikan UPJA ini adalah UPJA percontohan.

Penerima penghargaan lainnya, Kasadi, ketua HIPPA Tirto Tinoto Kab. Tuban Jawa Timur. HIPPA Tirto Tinoto telah berhasil membangun sistem irigasi perpipaan/pompanisasi dari dana swadaya kelompok. HIPPA ini  mengambil air Sungai Bengawan Solo untuk mengairi sawah seluas 326 ha dengan produktivitas 10 ton/ha. Sampai saat ini Hippa Tirto Tinoto telah membantu mensejahterakan kelompok dengan aset mencapai 3 milyar.

Penerima penghargaan pada peringatan HPS ini merupakan penggerak, pelopor, pemrakarsa di bidang pembangunan pertanian yang memiliki daya juang serta ketekunan. Selain itu, inovasi yang dilakukan dapat berdampak nyata pada peningkatan produksi dan kesejahteraan petani sehingga dapat menjadi contoh dan teladan bagi petani lain. Peringatan HPS  kali ini mengangkat tema “Membangun Kedaulatan Pangan Berkelanjutan Di Era Perubahan Iklim”.  Peringatan HPS dimeriahkan dengan serangkaian acara, diantaranya pameran pembangunan pertanian, penganugerahan penghargaan, dan gelar inovasi teknologi.  

Statistik Pengunjung
13020
Hits Hari Ini 172
Total Hits13020