30 Agustus 2016,10:20 am | Dilihat .

Pengairan yang Baik Kunci Swasembada Pangan

CILACAP, JAWA TENGAH?DITJEN PSP, Keseriusan Kementerian Pertanian dalam rangka menuju Swasembada Pangan memang terbukti tidak main-main. Menggandeng TNI dalam kerjasama mewujudkan swasembada pangan diharapkan dapat mengoptimalkan target Swasembada Pangan yang ingin dicapai. Seperti pada hari Minggu (28/08/2016) Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Sumardjo Gatot Irianto melakukan Rapat Koordinasi dengan Danrem 071/WK Kolonel Inf Suhardi dan Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Deni Gunawan, S.E serta meninjau lokasi LTT di Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Program Swasembada Pangan yang telah digulirkan oleh Presiden Joko Widodo untuk masyarakat Indonesia telah dilaksanakan secara optimal oleh Kementerian Pertanian. Berbagai upaya dilakukan untuk keberhasilan program ini. Peningkatan luas tambah tanam padi dilakukan untuk mencapai target produksi beras nasional. Salah satunya adalah bekerjasama dengan TNI AD dalam upaya swasembada pangan tersebut. Dalam arahannya di hadapan Kepala Dinas Pertanian dan PSDA se-Banyumas, Camat Sampang Kabupaten Cilacap, para Komandan Kodim se-jajaran Korem 071/WK, para Kasi Korem 071/WK, dan Danramil se-jajaran Kodim 0703/Cilacap. Dirjen PSP, Sumardjo Gatot Irianto mengatakan, “ Anggota Korem 071/ Wijaya Kusuma beserta jajarannya harus jadi penyuluh, supaya di wilayahnya (Kabupaten Cilacap) bisa tanam padi empat kali dan empat kali panen dalam setahun.”

Kunjungan kerja Dirjen PSP ke Cilacap juga dalam rangka rapat koordinasi antara Kementerian Pertanian dalam hal ini Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian dengan Jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) serta Kepala Dinas Pertanian dan PSDA se-Banyumas.

Untuk mencapai Swasembada Pangan, maka Sarana dan Prasarana yang ada harus di perbaiki. Seperti Jaringan Irigasi yang ada di kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Seperti yang terlihat dalam kunjungan kerjanya Dirjen PSP mengatakan “Salah satu upaya untuk mensukseskan hal tersebut (swasembada pangan) dibutuhkan pengairan yang baik guna menunjang percepatan tanam. Oleh karenanya, irigasi yang masih berfungsi dengan baik harus tetap terjaga dengan baik dan bila rusak, agar segera diperbaiki dan dioptimalkan fungsinya.”

Kunjungan kerja Dirjen PSP ini dalam rangka mengevaluasi program swasembada pangan melalui ketahanan pangan dan untuk mengetahui sampai sejauh mana luas tambah tanam padi yang telah lakukan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (NSD)

Statistik Pengunjung
13013
Hits Hari Ini 165
Total Hits13013