16 Agustus 2016,2:18 pm | Dilihat .

AUTP, Solusi Gagal Panen

METRO LAMPUNG, DITJEN PSP?Program Asuransi Usaha Tani Padi atau AUTP yang di galakkan pemerintah di Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian dan PT. Jasindo (Persero) kemarin (13/08/2016) menyalurkan bantuan preminya kepada petani yang terkena hama wereng di Desa Purwoasri, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Provinsi Lampung.

Hama wereng yang merupakan salah satu hama paling di takuti oleh petani padi setelah hama tikus telah menyerang Desa Purwoasri, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Provinsi Lampung. Hama ini merupakan Hama yang serangannya biasa muncul saat peralihan musim kemarau ke musim hujan, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan padi.

Upaya Kementerian Pertanian untuk mensukseskan pencapaian target swasembada pangan sudah menjadi tekad pemerintah. Karena itu asuransi pertanian sangat penting bagi para petani untuk melindungi usaha taninya. Asuransi pertanian merupakan pengalihan resiko yang dapat memberikan ganti rugi akibat kerugian usaha tani sehingga keberlangsungan usahatani dapat terjamin.

Melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian dan PT. Jasindo (Persero), kelompok tani Sami Jaya di Desa Purwoasri, Lampung dapat bernafas dengan lega. Tanaman padinya yang seluas 3 hektare terserang hama wereng mendapatkan bantuan klaim dari Pemerintah melalui Asuransi Usaha Tani Padi atau AUTP.

Asuransi pertanian ini sangat penting bagi para petani karena memberikan jaminan terhadap kerusakan tanaman akibat banjir, kekeringan serta serangan hama dan penyakit tumbuhan atau organisme pengganggu tumbuhan (OPT), sehingga petani akan memperoleh ganti rugi sebagai modal kerja. (NSD)

Statistik Pengunjung
13013
Hits Hari Ini 165
Total Hits13013