Senin, 2 September ,9:46 pm | Dilihat .

Koordinasi dan Konsolidasi Pembinaan dan Pemberdayaan Kelembagaan Petani Pemakai Air

Dalam rangka menjaga kesinambungan dalam pembinaan dan pengembangan P3A dan GP3A/IP3A, serta untuk meningkatkan koordinasi dan konsolidasi Pembinaan dan Pemberdayaan Kelembagaan Petani Pemakai Air, Pemerintah melalui Direktorat Pengelolaan Air Irigasi, Direktorat Jenderal PSP, Kementerian Pertanian menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Koordinasi dan Konsolidasi Pembinaan dan Pemberdayaan Kelembagaan Petani Pemakai Air pada tanggal 7– 8 Desember 2012 di Sahid Rich Hotel Yogyakarta. Pertemuan tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal PSP, Kementerian Pertanian, dan dihadiri oleh wakil/ petugas Dinas Pertanian dan Badan Penyuluhan Pertanian (Bapeluh) di beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, seluruh Kabupaten di Provisi DI Yogyakarta, serta Dinas Pertanian dan Bappeluh Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Beberapa pengurus Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A/GP3A) dari Provinsi DI Yogyakarta ikut berpartisipasi pada acara tersebut.

Turut memberikan sambutan pada cara tersebut adalah Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Kemitraan dan Kelembagaan, Bapak Achyar Eldine, SE, MM. Materi Pertemuan Koordinasi dan Konsolidasi Pembinaan dan Pemberdayaan Kelembagaan Petani Pemakai Air, disampaikan oleh :

  1. Prof. Ir. Sigit Supadmo Arief , M.Eng, Phd dan Ir. Murtiningsih, Msc., dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta,
  2. DR. Ari Prabowo, dari Balai Besar Mekanisasi Pertanian, Badan Litbang Pertanian,
  3. Ir. I Wayan Ediana MSc, dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, serta
  4. Ir. Prasetyo Nuchsin, MM, Direktur Pengelolaan Air Irigasi.

Dari pemaparan para narasumber dan diskusi, diperoleh masukan antara lain:

  1. Pembinaan dan pemberdayaan Petani Pemakai Air sebaiknya dimulai dari pendekatan peningkatan human capital, yaitu pengembangan kapasitas SDM yang mengelola P3A;
  2. Kementerian Pertanian sudah diberi mandat melalui PP Nomor 38/2007 untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). Mandat tersebut harus segera direalisasikan dalam bentuk penyusunan Peraturan Menteri Pertanian tentang pembinaan dan pemberdayaan P3A;
  3. Pertemuan koordinasi dan konsolidasi ini sangat bermanfaat dalam rangka mencari pola yang tepat dan memberikan informasi yang akurat tentang pembinaan dan pemberdayaan P3A bagi para petugas baik ditingkat provinsi maupun ditingkat Kabupaten/Kota. Kegiatan Pertemuan koordinasi dan konsolidasi ini ditutup secara resmi oleh Direktur Pengelolaan Air Irigasi, Ditjen PSP.
Statistik Pengunjung
13008
Hits Hari Ini 160
Total Hits13008