12 Maret 2016,9:00 am | Dilihat .

Sumedang, Celah untuk Cetak Sawah

Di sela-sela kesibukannya, Kamis (10/3), Dirjen PSP menyempatkan diri untuk memantau pelaksanaan pencetakan sawah baru di Desa Jingkang Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang. Dalam kesempatan tersebut, tahap konstruksi berupa land clearing, land levelling dan pembuatan pematang telah selesai dilaksanakan.

Menjelang akhir tahun 2015 lalu, Ditjen PSP memberikan bantuan sosial kepada Kelompok Tani Karya Mulya untuk melaksanakan pencetakan sawah baru. Kegiatan ini dilakukan di hamparan areal seluas 60 hektare dengan kontur berbukit-bukit.

Seperti yang kita ketahui, alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian di Pulau Jawa sangat tinggi. Dengan ditemukannya celah berupa potensi lahan tidur seperti ini, defisit lahan pertanian pangan akibat alih fungsi dapat diminimalkan.

Mengingat mayoritas masyarakat di lokasi pencetakan sawah ini adalah petani, optimisme terhadap keberhasilan kegiatan ini tentu sangat realistis. Ke depan, sawah baru ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan kelompok tani penerima manfaat dan menyumbang produksi beras nasional. (NSD)

Statistik Pengunjung
13021
Hits Hari Ini 173
Total Hits13021