1 Maret 2016,9:09 am | Dilihat .

Mengawali 2016, Kementan Panen Serentak di Tujuh Provinsi

Bertempat di Desa Karangmalang Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur (29/02/2016), Dirjen PSP didampingi Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono dan Kasdam Brawijaya Brigjen Rahmat Pribadi melakukan panen sebagai rangkaian dari Kegiatan Panen Serentak Kementan di Tujuh Provinsi ( Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat ).

Dalam panen dari musim tanam pertama di tahun 2016 ini, Dirjen PSP menginformasikan bahwa untuk Provinsi Jawa Timur menghasilkan 4 juta ton GKP. Terkait hal ini, BULOG diharapkan mampu membuat perencanaan yang jitu untuk menyerap gabah petani. BULOG diharapkan mau turun ke lapangan ketika musim panen dan melakukan pembelian langsung ke petani,  karena pembelian melalui pihak lain berpotensi merusak harga padi hasil panenan petani.

Seminggu sebelumnya Kabupaten Ngawi telah memanen padi sebesar 40%, sehingga daerah ini dapat menjadi literatur nasional dan sudah seharusnya harganya lebih baik dari daerah lain.

Selain itu, dalam kesempatan ini Dirjen PSP acara panen serentak di memberikan bantuan alat dan mesin pertanian berupa traktor roda empat, combine harvester dan rice transplanter. (NSD)

 

 

Panen Serentak

Dikirim oleh Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian pada 1 Maret 2016
Statistik Pengunjung
13021
Hits Hari Ini 173
Total Hits13021