12 Agustus 2015,4:35 pm | Dilihat .

Focus Group Discussion Asuransi Pertanian

Pertemuan koordinasi mengenai Asuransi Pertanian melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan tagline ‘Dengan asuransi melindungi dan meningkatkan kesejahteraan petani’ pada hari Selasa tanggal 11 Agustus 2015 dengan narasumber Ir. H. E. Herman Khaeron, M.Si selaku Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang memaparkan hasil Raker yang telah dilaksanakan pada 8 Juni 2015 memutuskan bahwa anggaran untuk proyek percontohan asuransi pertanian tahun 2015 sebesar Rp. 150.000.000.000,-, “FGD ini dimaksudkan untuk bisa melihat anggaran dan kepentingan proyeksi anggaran tahun 2016” demikian kutipan pernyataan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI tersebut.


Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber dari pihak asuransi yaitu Sahata L. Tobing selaku Direktur Operasi Ritel PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero), beliau menjelaskan mengenai tahapan yang diperlukan untuk menjalankan Asuransi Pertanian yaitu Kesiapan Asuransi Jasindo, Langkah dalam melakukan asuransi dengan menyeleksi resiko sebelum asuransi dan pengelolaan resiko saat asuransi, serta prosedur yang dapat memudahkan petani. “Kita harus memberikan pengertian terhadap petani bahwa asuransi untuk melanjutkan usaha taninya. Dengan adanya asuransi, tidak perlu instrumen keuangan lain dari perbankan” tuturnya.


FGD yang dilaksanakan di RR Ditjen PSP tersebut dihadiri oleh 16 Provinsi Dinas Pertanian di Indonesia, Pokja, OJK, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Keuangan, Biro Hukum, Asuransi Jasindo, Perwakilan Asosiasi Petani, Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP), Kementerian Perekonomian, Badan pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Balitbangtan, LKPP, Agrofarm serta Ditjen PSP.

Statistik Pengunjung
12993
Hits Hari Ini 145
Total Hits12993