Jumat, 1 November 2,3:48 pm | Dilihat .

Sadap Karet Perdana di Kabupaten Tabalong

Pada hari minggu, 2 Desember 2012 dilaksanakan panen karet dari hasil kegiatan perluasan areal perkebunan TA. 2006 di Kecamatan Ara, Desa Waling, dengan luas hamparan 75 ha, yang terbagi dalam 3 kelompok yaitu, kelompok tani Mufakat I, Mufakat II dan Mufakat III.

Sadap Perdana dilakukan oleh Wakil Bupati Kabupaten Tabalong Bapak H. Muchlis, Dirjen PSP yang diwakili oleh Direktur Perluasan dan Pengelolaan Lahan Bapak Tunggul Iman Panudju, Kepala Dinas Perkebunan Propinsi Kalimantan Selatan Bapak Sugian Noobah, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Tabalong Bapak Moh. Mugeni, dan dihadiri oleh para SKPD Kabupaten Tabalong serta anggota kelompok tani kurang lebih 50 orang.

Petani sangat antusias menyambut pelaksanaan Sadap Perdana di lokasi mereka, karena terdorong oleh rasa syukur atas adanya bantuan pemerintah kepada petani melalui Ditjen PSP serta Dinas Perkebunan sehingga pendapatan petani dapat meningkat. Bantuan perluasan areal tersebut hasilnya sangat nyata dirasakan oleh petani. Sebelum ada bantuan, lahan petani dengan kepemilikan kurang lebih 1—2 ha tidak termanfaatkan, karena kurangnya modal untuk membuka lahan serta pengadaan bibit yang dirasakan cukup mahal. Keberhasilan petani dalam mengelola kebun karet, berdampak pada meningkatnya minat petani lain disekitar kebun karet untuk ikut mengusahakan lahannya secara berkelompok, dengan berkelompok petani bisa mendapatkan bantuan serta mempermudah pemeliharaan, pengangkutan, pasca panen dan pemasaran.

Statistik Pengunjung
13007
Hits Hari Ini 159
Total Hits13007