Senin, 8 September ,2:07 pm | Dilihat .

Kementerian Pertanian Menandatangani Komitmen Penerapan Pengendalian Gratifikasi Bersama Komisi Pemberantasan Korupsi

Saat ini Kementerian Pertanian telah melakukan koordinasi yang saat baik dengan Kejaksaan dan Kepolisian Republik Indonesia untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan “Berdasarkan survei Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2011 masyarakat banyak yang belum tahu bahwa gratifikasi merupakan salah satu tindak pidana korupsi”. Namun lanjutnya, saat ini sudah banyak yang mengetahui bahwa gratifikasi juga merupakan korupsi. Zulkarnaen juga menambahkan bahwa Kementerian Pertanian merupakan salah satu Kementerian yang strategis yang merupakan garda terdepan karena menyangkut pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Berdasarkan Pasal 12B ayat (2) UU No. 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, bagi pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan
sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya di pidana penjara seumur hidup atau penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

Penandatanganan Komitmen Penerapan Pengendalian Gratifikasi (PPG) ini selain di hadiri oleh Wakil Menteri Pertanian juga di hadiri oleh pejabat-pejabat Eselon I dan Eselon II lingkup Kementerian Pertanian serta Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Zulkarnaen, SH, M.Hum. dan Direktur Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Giri Suprapdiono.

Usai Penandatanganan Komitmen Penerapan Pengendalian Gratifikasi (PPG) acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan banner Penerapan Pengendalian Gratifikasi (PPG) oleh Menteri Pertanian kepada Eselon I lingkup Kementerian Pertanian . (NSD, 2 September 2014)

Statistik Pengunjung
13008
Hits Hari Ini 160
Total Hits13008