Senin, 25 Agustus 2,4:22 pm | Dilihat .

Kabupaten Pemalang Tingkatkan Produksi Padi Melalui Metode System Of Rice Intensification (SRI)

“Metode System of Rice Intensification (SRI) berusaha memperbaiki sistem budidaya dan perbaikan lahan, sehingga produksi meningkat dan kesuburan lahan diperbaharui pula. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Perluasan dan Pengelolaan Lahan Ir.Tunggul Iman Panudju, M.Sc (mewakili Dirjen PSP) pada saat melakukan panen padi perdana SRI di Kabupaten Pemalang,    Jawa Tengah (Selasa, 12 Agustus 2014). Padi SRI ini dibudidayakan oleh Kelompok Tani Roda, Desa Pagergunung, Kecamatan Ulujami.

Hal ini juga di amini oleh Bupati Pemalang H. Junaedi, SH, MM yang mengatakan bahwa untuk meningkatkan upaya dalam mewujudkan swasembada pangan banyak program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan di Kabupaten Pemalang menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan. Salah satunya menurut Bupati, program penanaman padi SRI seperti yang dipanen pada saat ini menunjukkan hasil lebih dari target yang ditetapkan yakni 8 ton per ubin.

Kegiatan penanaman padi SRI merupakan bantuan dari pemerintah pusat, melalui dana APBN pada Kementerian Pertanian. Teknologi budidaya SRI digunakan karena mempunyai keunggulan seperti hemat air, hemat biaya, hemat waktu karena tanam bibit lebih muda dan panen lebih cepat, sedang untuk hasilnya bisa meningkat bila dibandingkan dengan padi biasa serta ramah lingkungan. "Metode SRI diterapkan pada kelompok tani Roda seluas 40 hektar mampu meningkatkan produksi 2,7 ton dari semula rata-rata 5,3 menjadi 8 ton gabah kering panen (GKP) per hektar" ungkap ketua kelompok tani Roda saat melaporkan hasil ubinan. (NSD)

 

Dokumentasi :

Statistik Pengunjung
13007
Hits Hari Ini 159
Total Hits13007