Rabu, 7 Mei 2014,11:24 am | Dilihat .

Tanam Perdana Pilot Project Food Estate di Kabupaten Aceh Jaya

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian melakukan kunjungan kerja ke areal pilot project program pembangunan food estate (kawasan pangan) di Desa Gampong Padang, Kecamatan Setia Bhakti, Kabupaten Aceh Jaya. Program tersebut dilakukan di atas hamparan sawah seluas 30 hektar. Proses tanam padi di areal ini dilakukan dengan sistem mekanisasi, menggunakan mesin pertanian berupa Riding Transplanter. Dengan alat tersebut, proses  tanam padi dapat dilakukan lebih cepat dan tepat dalam jarak tanam, dengan luasan areal tanam yang relatif luas.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian menyatakan bahwa Pemerintah sangat mendukung pengembangan sawah dengan sistem tanam modern yang dapat mendukung tercapainya target produksi padi nasional tahun 2014 sebesar 76,57 juta ton. Selain itu, strategi lain berupa perluasan areal tanam, pengendalian organisme pengganggu tumbuhan dan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim juga menjadi fokus  perhatian Pemerintah. Dengan program ini diharapkan dapat membantu petani memulai semangat baru, membuka kehidupan baru, menampung tenaga kerja, serta meningkatkan kesejahteraan.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian juga mengharapkan agar pihak perbankan dapat memprioritaskan pinjaman kredit untuk masyarakat yang ingin mengembangkan penggarapan sawah melalui sistem modern. Dengan demikian, pengembangan food estate dimungkinkan untuk dikembangkan secara swadaya di areal lain terutama di Provinsi Aceh.

Dalam kunjungan kerja tersebut juga dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Pertanian dan Sumber Daya Alam Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Aceh, Bupati Aceh Jaya, Kepala Divisi Regional Bulog Wilayah Aceh dan Kepala Dinas Pertanian Aceh. (NSD)

Dirjen PSP dan Bupati Aceh Jaya melakukan tanam perdana dengan menggunakan Riding Transplanter

Statistik Pengunjung
13004
Hits Hari Ini 156
Total Hits13004