Jumat, 1 November 2,5:00 pm | Dilihat .

Pengembangan Pemasangan Fiber Pada Petakan Tersier TAM di Lahan Rawa Pasang Surut Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah

Upaya peningkatan produksi pangan (beras) selama ini masih bertumpu dan mengandalkan pada upaya peningkatan produksi pada lahan-lahan pertanian terutama di Pulau Jawa dan Bali. Pada dasarnya peluang untuk meningkatkan produksi pangan masih terbuka luas terutama di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua melalui pemanfaatan lahan rawa. Potensi lahan rawa di Indonesia cukup besar, yaitu sekitar 33.4 juta Ha. Dalam pemanfaatan lahan rawa untuk usahatani tanaman pangan banyak ditemui kendala diantaranya adanya lapisan pirit pada tanah sulfat masam dan sifat kering tak balik pada tanah organik/gambut.

Salah satu teknologi sederhana, mudah, dan murah yang dapat diterapkan pada lahan rawa adalah teknologi Tata Air Mikro (TAM) yang dilengkapi dengan pemasangan fiber pada petakan tersier. Pemasangan fiber ini sangat membantu mengoptimalkan pengelolaan air di lahan rawa pasang surut. Selain itu pemasangan fiber juga bermanfaat untuk pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman), seperti hama tikus.     

Tahun 2013 ini Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian mengalokasikan kegiatan Pengembangan Pemasangan Fiber pada Petakan Tersier TAM di Lahan Rawa Pasang Surut. Salah satu Kabupaten penerima kegiatan ini adalah Kabupaten Kapuas di Propinsi Kalimantan Tengah.

Dokumentasi Kegiatan Pemasangan Fiber di Kelompok Tani Catur Darma Desa Terusan Makmur Kabupaten Kapuas sebagai berikut :

 

Foto 1. Proses Pengiriman Fiber dari Truk ke Perahu Tongkang untuk di distribusikan ke kelompok tani di Kabupaten Kapuas.

 

Foto 2. Proses Pengiriman Fiber melalui jalur Sungai menggunakan Perahu Tongkang.

 

Foto 3. Proses Pengangkutan Fiber dari Perahu Tongkang ke Lokasi Pemasangan Fiber.

 

Foto. 4 Proses Pengangkutan Fiber dari Perahu Tongkang ke Lokasi Pemasangan Fiber menggunakan gerobak.

 

Foto. 5 Proses Pengukuran Pemsangan Pagar Fiber

 

Foto. 6 Proses Pemasangan Pagar Fiber

 

Foto. 7 Proses Pemasangan Fiber

 

Foto 8. Foto Fiber setelah terpasang

 

Foto 9. Foto Fiber yang telah selesai di pasang di petakan sawah.

 

Foto 10. Foto Fiber yang telah selesai di pasang di petakan sawah.

Statistik Pengunjung
13007
Hits Hari Ini 159
Total Hits13007